Minggu, 03 Februari 2013

UH 1 SMT 2 Mikro dan Makro Ekonomi


1.   Sebutkan ciri-ciri permasalahan yang dibahas pada mikro ekonomi!
2.   Sebutkan 5 contoh bahasan makro ekonomi!
3.   Sebutkan 3 negara berkembang, dan jelaskan satu per satu mengapa negara tersebut dikatakan negara berkembang!
4.   Sebutkan 3 negara maju, dan jelaskan satu persatu mengapa negara tersebut dikatakan negara maju !
5.   China termasuk negara maju atau berkembang ? Berikan alasannya !
6.   Menurutmu, apakah Indonesia kelak akan menjadi negara maju ? Jelaskan analisamu!
7.   Menurutmu, apakah Indonesia sudah memasuki arena globalisasi ? Jelaskan alasannya!
8.   Mengapa Indonesia masih berutang ?

Jawaban ~
1.Ciri yang dibahas dalam ekonomi mikro adalah analisis tentang harga suatu barang tertentu, tentang tingkah laku pelaku ekonomi tertentu seperti produsen dan konsumen, memahami bagaimana mengalokasikan
2.-Inflasi,
   -Pengangguran,
   -Pertumbuhan Ekonomi,
  -Kemiskinan,
  -Masalah ketimpangan dalam neraca pembayaran.
3.1. Indonesia karena, Pendapatan perkapiyanta rendah, Kemiskinan masih merajalela, Pengangguran angkanya melejit setiap tahunnya, Tingkat pertumbuhannya tinggi, Kualitas hidup rendah.
2.Ethiopia karena, Pendapatan perkapitanya sangat rendah, Tingkat pertumbuhannya tinggi, hampir dua per tiga penduduknya buta huruf, kepadatan penduduknya tinggi, ketersediaan modal rendah.
3. Malaysia karena, Pendapatan perkapitanya rendah, Teknologi masih belum berkembang, Kualitas penduduk masih rendah, Industri belum berkembang, Tingkat pertumbuhannya tinggi.
4.1. Amerika Serikat karena, Pendapatan perkapitanya tinggi, Pertumbuhan penduduknya rendah, Teknologi yang maju, Tingkat pendidikan relatif tinggi, Banyak tenaga kerja yang ahli.
2. Jepang karena, Penguasaan Teknologi dan IPTEK yang maju, Banyaknya tenaga ahli, Pendapatan perkapita yang tinggi, Pengolahaan sumber daya alam secara maksimal, harapan hidup tinggi.
3. Belanda karena, Tingkat penganggurannya rendah, Angka melek huruf tinggi, Pendapatan perkapita tinggi, Sifat kemandirian masyarakatnya tinggi, Aktifitas perekonomian menggunakan sarana dan prasarana yang modern.
5.China masih digolongkan sebagai negara berkembang karena jalan pembangunan menuju modernisasi masih panjang. Masalah pendidikan, kesehatan, asuransi kesehatan, industrialisasi serta urbanisasi menurutnya menjadi contoh dari masalah yang harus ia hadapi selain itu penduduk china mencapai 1,3 miliar orang dengan pendapatan 4,9 triliun dolar AS atau dengan pendapatan perkapita 3.700 dolar Asmenurut data Bank Dunia.
6.Ya Indonesia bisa menjadi negara maju karena pada saat ini tingkat ekonomi Indonesia dinilai paling stabil di dunia. Bahkan, Bank Indonesia sudah menjelaskan bahwa perekonomian Indonesia paling stabil dalam 4-5 tahun terakhir, dan dengan mengolah dan menfaatkan SDA dan SDM yang ada dengan semaksimal mungkin.
7.Ya, karena saat ini Indonesia sudah malakukan kegiatan kerja sama dengan negara-negara lain di dunia, contohnya dengan negara-negara maju. Dan saat ini di negara Indonesia banyak yang mengikuti budaya asing.
8. Karena Indonesia terlanjur punya hutang luar negeri yg sangat banyak, miliaran US$ sehingga setiap tahunnya kira2 60 T rupiah tuk angsur pokok dan bunga pinjaman yg Luar Negeri saja.Sehingga dulu waktu APBN kita masih lemah..kita pinjam hutang Luar Negeri untuk bayar angsuran hutang Luar Negeri.
Tapi Beberapa tahun ini Indonesia sudah mulai mengurangi Hutang dengan penerbitan Obligasi dan SUKUK penerimaan negara juga digenjot terus agar ketergantunan pada hutang terus dikurangi. Tapi memang belum bisa lepas sama sekali. Alasan lain hutang ke Luar Negeri juga untuk stabilitas nilai tukar, karena kadang impor kita terlalu besar dibanding ekspor, sehingga devisa kita terkuras, sehingg hutang Luar Negeri diharapkan bisa untuk meningkatkan devisa.
Dan masih banyak alasan lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar